11 Tokoh Otodidak Sejati Yang Mengubah...Part 2

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel (Pake Link) jadi saya gak usah jelasin lagi

12. Ray Kroc

Siapa yang tak tau restoran cepat saji Mc Donald’s? Bicara soal McD… saya punya cerita singkat mengenai Ray Kroc. Ray Kroc adalah salah satu tokoh sukses dunia yang belajar secara otodidak dan dilakukan pada usia yang sudah tidak muda. Ketika usianya masih muda, Ray mencatut umur agar bisa ikut dalam Perang Dunia II sehingga ia mengorbankan sekolahnya. Setelah perang usai, ia kembali dan bekerja sebagai salesman cangkir kertas. Berkat profesinya ia bisa bekeliling negeri.Suatu saat ia menyadari bahwa pelanggannya adalah para pemilik restoran di California, salah satu Mc Donald’s. Ray melakukan pendekatan kepada McDonald’s supaya ia bisa mendirikan cabang McDonald’s. Meskipun usianya sudah 52 tahun, ia tetap belajar bagaimana mengelola restoran agar unik dan laku. Akhirnya setelah ia sukses dengan restorannya, ia berhasil merayu McDonald’s untuk menjual restorannya kepada Ray. Setelah itu McDonald’s merambah dunia dengan siste franchise.

13. Kirk Kerkorian

Kirk adalah salah satu orang terkaya di dunia saat ini. Namun taukah Anda bila Kirk adalah seorang drop out dari sekolah saat SMA. Ia juga pernah menjadi petinju dan mampu juara Pasifik. Suatu hari Kirk bertemu seorang pengusaha yang sedang belajar menjadi pilot. Mereka kenal hingga akhirnya Kirk tertarik belajar menjadi pilot. Ia pun belajar menjadi pilot dari seorang pilot pesawat terbang kecil di AS. Sebagai bayarannya, Kirk betugas mengurus peternakan sang pilot. Suatu saat British Royal Air Force baru membeli pesawat dari Kanada dan berencana mengangkutnya dengan ferry. Kirk pun mencoba memberi konsep supaya pesawat tersebut dapat diterbangkan dari Kanada ke Inggris tanpa perlu menggunakan ferry. Kirk melamar menjadi pilotnya dengan bayaran US$1.000 sekali terbang. Dengan konsep dan teorinya ia diterima dan berhasil menerbangkan 33 pesawat selama 2, 5 tahun. Ia pun bekerja sebagai pilot di sebuah perusahaan penerbangan.Posisi sebagai pilot membuatnya berkenalan dan menjadi bagian dari Las Vegas sebagai penjudi. Namun setelah tiga tahun, ia menemukan ide bisnis. Ia pun mulai memanfaatkan para penjudi sebagai pelanggan pesawat yang ia sewa. Dari sinilah ia mulai merintis usaha dan mampu mengembangkan perusahaannya hingga mamu menjadi salah seorang terkaya di dunia. Modal Kirk adalah cepat belajar dari perkembangan dan keberanian mengambil risiko.

14. Woody Allen

Penggemar Hollywood pasti tau tokoh yang satu ini.Banyak profesi yang telah dijalaninya, aktor, sutradara, penulis, pelawak, karikaturis, dan masih banyak lagi. Masa kecil Woody kurang bahagia dan tidak berbeda dengan anak lainnya. Namun ia adalah anak yang periang dan pandai membuat lelucon, bahkan ketika masih sekolah ia pernah menjual leluconnya kepada seseorang yang kemudian menjualnya ke sejumlah penulis kolom. Woddy kuliah di jurusan film, namun tak betah. Ia masuk lagi ke perguruan tinggi lain, namun juga gagal karena tak serius. Akhirnya ia pun berkarier di dunia entertainer di Hollywood.Profesi yang dijalani oleh Woody sudah sangat banyak. Selain pintar main sulap, humoris, karikaturis, pelawak, penulis skenario,aktor, sutradara, dan juga produser. Namun yang harus diketahui bahwa semuanya dipelajari secara otodidak.

15. Frederick Douglass

Frederick adalah seorang tokoh fenomenal yang cukup terkenal. Ia adalah seorang budak yang dilarang sekolah. Layaknya pahlawan dan tokoh dunia lainnya ia tak pernah menyerah untuk belajar. Ia mulai belajar membaca dari seorang aktivis, lalu ia belajar dari apapun yang bisa ia baca. Untuk menambah ilmu, Frederick selalu berusaha belajar dari orang yang pengetahuannya lebih banyak dari dirinya. Semua kerja kerasnya berbuah hasil, setalah ia lepas dari perbudakan ia berhasil menjadi orator ulung, penulis hebat,dan pemimpin pembebasan perbudakan.

16. Michael Dell

Penggemar komputer mana yang tak kenal Michael Dell. Dalam jajaran pengusaha komputer papan atas namany juga tak bisa dipisahkan. Michael Dell adalah seorang pemilik perusahaan komputer yang bernama Dell. Yup diambil dari namnya Michael Dell. Sama halnya dengan pengusaha TI terkenal lainnya, Dell juga seorang yang drop out dari college setelah hanya kuliah selama satu tahun. Ia kuliah hanya untuk menjadi seorang penjual komputer. Namun siapa sangka, meskipun ia hanya penjual komputer namun mampu mendirikan perusahaan Dell Company yang menjadi salah satu perusahaan komputer tersukses yang pernah ada di Amerika Serikat. Satu hal yang tidak bisa dihlangkan adalah bahwa Dell belajar komputer secara otodidak.

17. Richard Grasso

Saya tidak mengenal sama sekali tokoh ini, namun akhirnya saya kenal setelah saya membaca sebuah majalah. Richard Grasso adalah seorang CEO dari New York Stock Exchange. Sejak kecil Richard sudah tertarik bermain saham. Hingga akhirnya mampu menjadi jajaran Trader terkenal. Namun tak banyak yang tau bahwa Richard gagal menamatkan college-nya. Ia banyak belajar dari trader dan langsung belajar secara langsung di dunia saham. Bahkan sejak usia 13 tahun ia sudah ikut dalam jual beli saham dengan menggunakan nama ibunya. Maka tak heran bila pengalaman dan ilmunya mampu menhantarkannya hingga menjadi Chairman dan CEO di bursa efek terbesar di dunia.

18. William Faulkner

William Faulkner adalah seorang penulis terkenal asal negeri Paman Sam. Bahkan ia pernah meraih hadiah Nobel untuk kategori literatur pada tahun 1949. Namun taukah Anda bila ia sempat belajar di universitas meski SMA-nya tak tamat untuk tiga semester.Bahkan ia pernah memperoleh nilai D pada mata kuliah Bahasa Inggris. Meskipun begitu, William Faulkner tetap belajar dan berusaha hingga mampu menjadi penulis paling terkenal yang pernah ada di AS.

19. Henry Ford

Pengusaha yang satu ini sangat terkenal di dunia. Yup,pemilik dari Ford Motor Company ini sangat dikenal oleh dunia berkat perusahaan otomotifnya yang sangat mendunia. Namun yang menarik adalah Henry Ford hanya sekolah formal hingga usia 15 tahun, tapi yang pasti ia tidak berhenti belajar selama hidupnya. Pendidikan formal terkahir Ford adalah SMA. Namun dengan seiring berjalannya waktu, ia belajar secara otodidak di bidang otomotif. Ketertarikannya pada mesin sudah muncul sejak masih anak-anak. Bahkan ia lebih suka memperbaiki jam tentangganya dibanding bekerja di kebun orang tuanya. Semakin lama pengetahuan dan keterampilannya makin banyak. Berbekal pengetahuannya itu ia kemudia mendirikan Ford Motor Company yang kelak membawanya menjadi salah satu pengusaha otomotif tersukses di dunia.

20. Jimmy Lai

Jimmy Lai adalah salah satu pengusaha pakaian sukses yang unik dan otodidak sejati. Ketika berusia 12 tahun, Jimmy Lai masuk ke Hongkong dengan diselundupkan dan ia bekerja sebagai pekerja ilegal di sebuah pabrik garmen. Berkat hasrat inin tahu dan kemamuan belajarnya yang tinggi menjadikannya posisinya cepat naik. Suatu saat ia melihat ada sebuah pabrik garmen yang hampir bangkrut. Dengan uang tabungannya ia beli pabrk itu. Lalu Jimmy muali belajar menjadi seorang pengusaha. Terus belajar secara otodidak hingga akhirnya ia mampu menjadi pengusaha sukses. Penghargaan demi penghargaan pun diraihnya. Bahkan majalah Business Week menyebutnya sebagai pengusaha sukses yang unik dan sangat otodidak.

21. Philo T. Farnsworth

Philo T. Farnsworth keluar dari college setelah ayahnya meninggal dunia. Usianya saat ini masih remaja. Tapi,Philo adalah anak yang cerdas. Ia begitu tertarik dengan dunia fisika dan kimia. Ketika keluarganya pindah ke daerah Idaho, ia memperoleh sebuah “mainan baru”. Mau tau apa mainanya? Mainan yang dimaksud adalah sebuah generator untuk menerangi ladang dan menyalakan mesin. Philo terus belajar secara otodidak, hingga ia menjadi teknisi dari generaotrnya itu. Ketika generator itu rusak ia yang memperbaikinya. Philo kemudian tumbuh menjadi seorang yang memiliki kemampuan dbidang mesin dan listrik. Akhirnya ia menjadi salah satu penemu terkenal asal Amerika Serikat. Berikut hasil temuannya: - Sistem televisi elektronik sempurna pertama. - Alat penerimaan gambar elektronik pertama yang berfungsi (tabung kamera video). - Pengembangan alat anti pencurian mobil. - Dan masih banyak lagi. Total penemuan dari Philo yang dipatenkan ada 300.

22. Peter Jennings

Presenter Terkenal yang Tak Lulus SMA Presenter terkenal ABC News ini sebenarnya tak lulus SMA. Jennings memulai kariernya sejak usia 9 tahun. Saat itu ia menjadi penyiar radio anak-anak di Kanada. Ayahnya yang juga penyiar radio CBC dan sedang bertugas di luar negeri berang ketika tahu anaknya jadi penyiar radio di tempatnya bekerja. Ayahnya memang tak menyukai nepotisme. Kegiatan jadi penyiaran ciliknya tak lama. Peter lebih konsentrasi sekolah.Namun sekolahnya tak mulus. Malah ia sempat tak naik ke kelas 10.Menurut pengakuannya ia bosan belajar saat itu. SMA-nya pun tak tamat. Ia sebenarnya ingin sekali menjadi penyiar seperti ayahnya. Namun kesempatan itu tak mudah ia dapat. Ia lebih dulu bekerja di bank dan sempat aktif di teater setempat. Baru pada usia 21 tahun ia bisa meraih impiannya menjadi penyiar radio. Setelah itu kariernya terus menanjak dengan semangat otididaknya yang tinggi hingga kemudian menjadi wartawan dan penyiar televisi kenamaan AS.

Sobat-sobat, itulah 11 tokoh otodidak yang sangat terkenal dan memiliki pengaruh yang cukup besar bagi dunia ini. Semoga apa yang saya sampaikan di artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda. Sekecil apapun hal baik yang kita lakukan di hari ini akan berdampak bagi kebaikan yang datang pada kita di masa depan. Jadilah pribadi yang mengutamakan kebaikan agar kebaikan diutamakan bagi diri kita.